-->

STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY


Strategi pembelajaran Inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban yang sudah pasti dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Starategi pembelajaran ini sering juga dinamakan heuristic, yang berasal dari bahasa yunani, yaitu heriskein yang berarti menemukan (Wina Sanjaya, 2006: 196).

Dalam strategi pembelajaran Inquiri, Siswa betul-betul ditempatkan sebagai subjek yang belajar. Peran guru dalam strategi pembelajaran Inquiri adalah pembimbing belajar dan fasilisator belajar (Ahmad Sabri, 2010: 11). Ada beberapa hal yang menjadi ciri utama strategi pembelajaran Inquiri, yakni:

Pertama, strategi pembelajaran Inquiri menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan, artinya strategi pembelajaran Inquiry menempatkan siswa sebagai subjek belajar (Imas kurniasih & Berlin sani, 2015: 113). Dalam proses pembelajaran, siswa tidak hanya berperan sebagai penerima pelajaran melalui penjelasan guru secara verbal, tetapi mereka berperan untuk menemukan sendiri inti dari materi pelajaran itu sendiri.

Kedua, seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap percaya diri (self belief). Dengan demikian, strategi pembelajarn Inquiry menempatkan guru bukan sebagai sumber belajar, akan tetapi sebagai fasilisator dan motivator belajar siswa.

Ketiga, tujuan dari penggunaan strategi pembelajarn Inquiry adalah menembangkan kemampuan berfikir secara sistematis, logis dan kritis atau mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental. Dengan demikian, dalam strategi pembelajaran Inquiry siswa tak hanya dituntut agar menguasai materi pelajaran akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan potensi yang dimilikinya. Seperti yang dapat disimak dari proses pembelajaran, tujuan utama pembelajaran melalui strategi Inquiry adalah menolong siswa untuk dapat mengembangkan disiplin intlektual dan keterampilan berfikir dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas dasar rasa ingin tahu mereka.

Untuk lebih jelasnya, dapat mengklik bagian di bawah ini:

DAFTAR BACAAN

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ahmad Sabri. 2010. Strategi Belajar Mengajar& Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Imas kurniasih & Berlin sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY