-->

Teori Minat Belajar Menurut Slameto (2003)


PENGERTIAN MINAT
Slameto menjelaskan bahwa minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Lebih lanjut Slameto mengemukakan bahwa suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal dari pada hal lainnya, dapat pula dimanifestasiakan melalui partisipasi dalam satu aktivitas. Siswa yang memiliki minat terhadap subjek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut (Slameto, 2003: 57)

PENGERTIAN MINAT BELAJAR


Minat belajar adalah salah satu bentuk keaktifan seseorang yang mendorong untuk melakukan serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dalam lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotorik.



Beberapa ahli pendidikan berpendapat bahwa paling efektif untuk membangkitkan minat pada suatu subyek yang baru adalah dengan menggunakan minat-minat siswa yang telah ada. Disamping memanfaatkan minat yang telah ada sebaiknya para pengajar juga berusaha membentuk minat-minat baru pada diri siswa. Hal ini dapat dicapai dengan jalan memberikan informasi pada siswa mengenai hubungan antara suatu bahan pengajaran yang akan diberikandengan bahan pengajaran yang lalu dan menguraikan kegunaannya bagi siswa di masa yang akan datang.


Bila usaha-usaha tersebut tidak berhasil, pengajar dapat memakai intensif dalam usaha mencapai tujuan pengajaran. Intensif merupakan alat yang dipakai untuk membujuk seseorang agar melakukan sesuatu yang tidak mau melakukannya atau yang tidak dilakukannya dengan baik. Diharapkan pemberian intensif yang akan membangkitkan motivasi siswa dan mungkin minat terhadap bahan yang diajarkan akan muncul (Slameto, 2003: 181)

Jadi dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan gairah seseorang untuk memenuhi kesediaanya dalam belajar.

Lihat juga:
Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar



DAFTAR BACAAN
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Teori Minat Belajar Menurut Slameto (2003)
  1. Afwan, untuk yang "pengalaman individu dalam interaksi dalam lingkungannya yang menyangkut (kognitif), (afektif), dan (psikomotorik)", ada penjelasannya tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo FSN.
      Senang bertemu anda disini.

      Blog ini sudah jarang digunakan. Seluruh artikelnya, akan diarahkan ke Website Diklinko yang sekarang saya jalankan.

      Mungkin kita bisa bertemu disana.
      Terimakasih.

      Delete
  2. Mohon bantuan, berkaitan instrumen untuk mengukur minat murid belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Cikgu Zalifah.
      Senang bertemu anda disini.

      Blog ini sudah jarang digunakan. Seluruh artikelnya, akan diarahkan ke Website Diklinko yang sekarang saya jalankan.

      Mungkin kita bisa bertemu disana.
      Terimakasih.

      Delete
  3. Replies
    1. Halo Maria.
      Senang bertemu anda disini.

      Blog ini sudah jarang digunakan. Seluruh artikelnya, akan diarahkan ke Website Diklinko yang sekarang saya jalankan.

      Mungkin kita bisa bertemu disana.
      Terimakasih.

      Delete