Seseorang akan berminat dalam belajar manakala ia dapat merasakan manfaat terhadap apa yang dipelajari,baik untuk masa kini maupun masa yang akan datang dan dirasakan ada kesesuaian dengan kebutuhan yang sedang dihadapi, sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh berkembangnya minat maupun sebaliknya mematikan minat belajar adalah sebagai berikut:
a. Faktor Internal
Faktor internal adalah factor yang berada dalam diri siswa antara lain:
1) Kematangan
Kematangan dalam diri siswa dipengaruhi oleh pertumbuhan mentalnya. Mengajarkan sesuatu pada siswa dapat dikatakan berhasil jika taraf pertumbuhan pribadi telah memungkinkan dan potensi- potensi jasmani serta rohaninya telah matang untuk menerima hal yang baru.
2) Latihan dan Ulangan
Oleh karena telah terlatih dan sering mengulangi sesuatu, maka kecakapan dan pengetahuanyang dimiliki siswa dapat menjadi semakin dikuasai. Sebaliknya tanpa latihan pengalaman-pengalaman yang telah dimiliki dapat hilang atau berkurang. Oleh karena latihan dan seringkali mengalami sesuatu, maka seseorang dapat timbul minatnya pada sesuatu.
3) Motivasi
Motivasi merupakan pendorong bagi siswa untuk melakukan sesuatu. Motivasi dapat mendorong seseorang, sehingga akhirnya orang itu menjadi spesialis dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu. Tidak mungkin seseorang mau berusaha mempelajari sesuatu dengan sebaik-baiknya jika ia tidak mengetahui betapa penting dan faedahnya hasil yang akan dicapai dari belajarnya bagi dirinya.
b.Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah factor yang berasal dari luar diri siswa, antara lain :
1) Faktor Guru
Seorang guru mestinya mampu menumbuhkan dan mengembangkan minat diri siswa. Segala penampilan seseorang guru yang tersurat dalam kompetensi guru sangat mempengaruhi sikap guru sendiri dan siswa (Mardianto, 2012: 45). Kompetensi itu terdiri dari kompetensi personal yaitu kompetensi yang berhubungan dengan kepribadian guru dan kompetensi professional yaitu kemampuan dalam penguasaan segala seluk beluk materi yang menyangkut materi pelajaran, materi pengajaran maupun yang berkaitan dengan metode pengajaran. Hal demikian ini dapat menarik minat siswa untuk belajar, sehingga mengembangkan minat belajar siswa.
2) Faktor Metode
Minat belajar siswa sangat dipengaruhi metode pengajaran yang digunakan oleh guru. Menarik tidaknya suatu materi pelajaran tergantung pada kelihaian guru dalam menggunakan metode yang tepat sehingga siswa akan timbul minat untuk memperhatikan dan tertarik untuk belajar (http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/17/jhptump-a-herawahyus-817-2-babii.pdf)
3) Faktor Materi pelajaran
Materi pelajaran yang diberikan atau dipelajari bila bermakna bagi diri siswa, baik untuk kehidupan masa kini maupun masa yang akandating menumbuhkan minat yang besar dalam belajar. Berbagai faktor tersebut saling berhubungan erat dan dapat pula bersama-sama mempengaruhi minat belajar siswa.
DAFTAR BACAAN
Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/17/jhptump-a-herawahyus-817-2-babii.pdf
Kalau mau pesan buku ini gimana ?
ReplyDeleteHalo Maria.
DeleteSenang bertemu anda disini.
Blog ini sudah jarang digunakan. Seluruh artikelnya, akan diarahkan ke Website Diklinko yang sekarang saya jalankan.
Mungkin kita bisa bertemu disana.
Terimakasih.
Di mana jual nya ya. Saya tertarik dengan buku ini..
ReplyDelete