-->

KOMPONEN-KOMPONEN PENGEMBANGAN KURIKULUM


Fungsi kurikulum dalam proses pendidikan adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Maka hal ini berarti bahwa sebagai alat pendidikan kurikulum memiliki bagian-bagian penting dan penunjang yang dapat mendukung operasinya secara baik. Bagian-bagian ini disebut komponen. Kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan, berinteraksi dalam rangka dukungannya untuk mencapai tujuan itu. Kurikulum adalah sebuah sistem, Sistem adalah suatu kesatuan sejumlah elemen (objek, manusia, kegiatan, informasi, dan sebagainya) yang terkait dalam proses atau struktur dan dianggap berfungsi sebagai satu kesatuan organisasi dalam mencapai satu tujuan. Jika pemahaman sistem diatas dipergunakan melihat kurikulum itu ada sejumlah komponen yang terkait dan berhubungan satu sama lain untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, dipandang sistem terhadap kurikulum, artinya kurikulum itu dipandang memiliki sejumlah komponen-komponen yang saling berhubungan, sebagai kesatuan yang bulat untuk mencapai tujuan (Hamid  Syarif, 1993: 96). Menurut Tabrani Rusyan komponen kurikulum terdiri dari 3 komponen yaitu : (1) Komponen Tujuan, (2) Komponen Struktur Program, (3) Komponen Strategi Pelasanaan (Tabrani Rusyan, TT: 4-7).

Sedangan Menurut S. Nasution komponen Kurikulum yaitu (1) Tujuan pelajaran, umum dan spesifik, (2) Bahan pelajaran yang tersusun sistematis, (3) Strategi belajar-mengajar serta kegiatan-kegiatannya, (4) Sistem Evaluasi untuk mengetahui hingga mana tujuan tercapai (S. Nasution, 1989: 5).
Lain halnya dengan Ralph W. Tyler sebagaimana dikutip S. Nasution, mengajukan 4 pertanyaan pokok, yakni: (1) Tujuan apa yang harus dicapai sekolah?; (2) Bagaimanakah memilih bahan pelajaran guna mencapai tujuan itu ?; (3) Bagaimanakah bahan disajikan agar efektif diajarkan?; (4) Bagaimanakah efektivitas belajar dapat dinilai? (S. Nasution, 1994: 17).
Dari beberapa pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa komponen pengembangan kurikulum terdiri dari 4 komponen, yaitu:1. Komponen Tujuan2. Komponen Struktur Program dan Materi3. Komponen Strategi4. komponen Evaluasi.

DAFTAR BACAAN

Hamid  Syarif, Pengembangan kurikulum, (Pasuruan: Garoeda Buana Indah, 1993).

Tabrani Rusyan, Strategi Penerapan Kurikulum di Sekolah,(Jakarta: Bina Mulia).

S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, (Jakarta:Bima Aksara, 1989).

S. Nasution. Asas-Asas Kurikulum. (Jakarta: Bumi Aksara, 1994).

KOMPONEN-KOMPONEN PENGEMBANGAN KURIKULUM